Chromecast Baru Google Sangat Murah, Tetapi Memotong Dukungan Untuk Resolusi 4K

Chromecast Baru Google Sangat Murah, Tetapi Memotong Dukungan Untuk Resolusi 4K

Desas-desus itu benar: Google telah merilis versi baru yang lebih terjangkau dari perangkat Chromecast-nya, tetapi memerlukan beberapa fitur yang ditemukan pada model lama.

Dijuluki Chromecast dengan Google TV (HD), firasat perangkat baru ini telah muncul baru-baru ini dengan beberapa laporan berspekulasi bahwa perusahaan tersebut memperluas dukungan perangkat keras ke TV non-4K. Dan benar saja, itulah yang terjadi. Chromecast HD baru ini (terbuka di tab baru) pada dasarnya adalah versi model 2020 yang mendukung streaming 4K HDR dan beberapa format video Dolby.

Di permukaan, perangkat baru terlihat identik dengan model lama karena semua perubahan bersifat internal.

Fitur

Untuk $29,99, HD Chromecast memungkinkan Anda mengalirkan konten dalam resolusi 1080p (1920×1080 piksel) pada 60FPS. Dukungan untuk resolusi 4K hilang dan begitu pula Dolby Vision, format HDR (High Dynamic Range) yang memungkinkan warna lebih cerah dan hitam pekat. Perangkat baru ini mendukung HDR10 dan HDR10+ yang tidak sekuat Dolby Vision, namun tetap meningkatkan ketajaman visual. Memori juga telah diturunkan karena Chromecast HD memiliki RAM 1,5 GB dibandingkan dengan RAM 2 GB yang ditemukan dalam versi 4K.

Yang belum hilang adalah fitur audio Dolby (terbuka di tab baru). Dolby Digital, Digital Plus, dan format audio atmosfer (terbuka di tab baru) masih ada di Chromecast HD. Dolby Digital dan Digital Plus, bagi yang belum tahu, adalah teknologi kompresi yang membantu perangkat menghasilkan audio berkualitas tinggi tanpa kehilangan ketajaman. Dolby Atmos, di sisi lain, adalah format yang mereplikasi suara spasial untuk pengalaman yang lebih mendalam. Atmos hadir melalui HDMI pass-through, sehingga Anda memerlukan peralatan yang tepat, seperti soundbar yang mendukung format tersebut.

Paket Chromecast HD dibagi menjadi dongle itu sendiri, yang dapat Anda sambungkan langsung ke TV melalui kabel HDMI dan remote.

Pada remote itu Anda akan menemukan lingkaran navigasi yang sama pada model 4K, serta beberapa tombol khusus untuk membuka YouTube, Netflix, dan mengakses Google Assistant. Remote juga dilengkapi dengan kontrol suara untuk memberi perintah kepada Asisten. Anda bahkan dapat, menurut Google, memeriksa umpan video perangkat Nest Doorbell melalui Chromecast HD.

O Chromecast dengan Google TV (HD) (terbuka di tab baru) sekarang tersedia untuk dibeli di toko perusahaan, tetapi hanya di Putri Salju. Namun, orang Australia harus membayar lebih sedikit. Di Australia, perangkat ini berharga $59 AUD, yaitu sekitar $40 USD.

Memperbarui Google TV

Peluncuran HD Chromecast datang pada saat yang menarik karena Google memperbarui layanan Google TV-nya.

Kembali pada 22 Agustus, perusahaan mengakui bahwa layanannya tidak bekerja dengan baik dan telah berusaha memperbaikinya sejak saat itu. Pembaruan terbaru membawa peningkatan manajemen penyimpanan dan peningkatan kinerja. Perusahaan mengklaim bahwa Google TV memiliki lebih dari 10.000 aplikasi di dalamnya.

Ada juga Rumor yang beredar tentang Google TV mendapatkan 50 saluran ekstra TV langsung dengan kebutuhan untuk berlangganan tambahan. Mempertimbangkan bagaimana Chromecast HD dimulai sebagai rumor dan minat yang baru ditemukan, 50 saluran bisa menjadi kenyataan.

Performa Chromecast khusus HD di pasar di mana TV 4K dengan cepat menjadi standar masih harus dilihat. Namun, bagi mereka yang mencari penawaran streaming, itu mungkin saja tiketnya.

Pastikan untuk membaca ulasan kakak Chromecast HD, model HDR 4K 2020 (Kami sangat menyukainya).

Author: Willie Adams